Berita

    Ketahui Cara Aman & Nyaman Membawa Hewan Peliharaan di Mobil

    Bagi pemilik hewan peliharaan, membawanya pergi jalan-jalan adalah hal yang menyenangkan bukan? 

    Jika Anda berniat untuk mengajak pergi membawa hewan kesayangan, pastikan  Anda memperhatikan secara khusus mengenai keamanan, kenyamanan, dan keselamatan hewan itu sendiri. 

    Pakar keselamatan berkendara sekaligus Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu, mengatakan bahwa, "Pada dasarnya memang diperbolehkan membawa hewan di dalam mobil, tetapi peletakannya harus benar dan juga menggunakan kandang atau pemisah khusus antara hewan dan pengemudi (dog barrier)."

    Lalu, bagaimana cara membawa hewan peliharaan di mobil? 

    Melalui artikel ini, kami akan berikan tips membawa hewan di mobil untuk ikut pergi bepergian. Simak sampai habis.

    Cara membawa hewan bepergian jarak dekat

    • Berikan Tali Pengaman

    Tali pengaman dapat menjaga hewan peliharaan Anda selama perjalanan. Selain itu juga dapat berfungsi untuk mengontrol gerak hewan selama di mobil. 

    Tali pengaman khusus bisa Anda ikat di jok bagian belakang. Pastikan Anda mengikat tali dengan benar agar tidak menyakiti hewan, dan dapat memberikan kenyamanan.

    • Berikan tempat duduk di belakang

    Yap, usahakan hewan Anda tidak duduk di jok bagian depan. Hal ini berpotensi mengganggu konsentrasi pengemudi apabila hewan peliharaan Anda bergerak hingga mengganggu pengemudi.

    • Siapkan mainan

    Meski hanya bepergian jarak dekat, tidak ada salahnya untuk memberikan hiburan hewan peliharaan Anda kan?

    Bawa minimal dua mainan yang paling disukai hewan peliharaan Anda. Tips ini dapat berguna untuk mengantisipasi rasa bosan dan mampu mendistraksi agar hewan Anda tidak bergerak terlalu banyak. 

    Cara Membawa Hewan Peliharaan Di Mobil Dengan Jarak Jauh

    Tiga poin pada tips mengajak pergi jarak dekat tetap bisa diterapkan pada kondisi bepergian jarak jauh. Tentunya, ada beberapa tips tambahan karena bepergian dengan jarak jauh pastinya memakan waktu lebih lama sehingga Anda harus memastikan hewan peliharaan Anda benar-benar nyaman selama perjalanan. 

    Berikut cara membawa hewan peliharaan di mobil saat menempuh perjalanan jauh.

    • Gunakan Perlengkapan Keamanan

    Beberapa perlengkapan keamanan yang dimaksud diantaranya tali pengikat, pet carrier, cargo barrier, cargo tray.