Berita

    Kenali Ground Clearance Pada Mobil dan Fungsinya.

    Hallo Suzuki Family  Ground clearance sering menjadi pertimbangan bagi orang-orang yang hendak melakukan pembelian mobil. Apakah Anda cukup familiar dengan istilah tersebut? 

    Jika belum, maka di sinilah Anda akan mendapatkan lebih banyak pengetahuan mengenai komponen vital ini. Pastikan untuk menyimak artikel ini sampai akhir!

    Mengenali Jenis-jenis Ground Clearance

    Clearance ground merupakan jarak atau ketinggian yang ada antara kolong mobil dengan permukaan tanah. Tinggi rendahnya fitur satu ini sangat menentukan performa mobil. 

    Apalagi ketika mobil dalam keadaan melintas di jalanan. Kira-kira ada berapa jenis clearance ground yang beredar di pasaran saat ini?

    • Clearance Ground Tinggi (> 200 mm)

    Mobil dengan clearance ground yang tinggi biasanya adalah sejenis Sport Utility Vehicle (SUV). Sehingga membuat mobil jenis ini lebih mudah melintas di jalanan off road. Bagi mobil dengan clearance ground yang tinggi, melintas di jalanan ekstrem bukan jadi masalah.

    Jika Anda menyukai petualangan dan sedang mencari mobil yang cocok untuk medan terjal atau offroad, Anda bisa mempertimbangan untuk membeli mobil dengan spesifikasi clearance ground yang tinggi.

    • Clearance Ground Sedang ( 190 – 200 mm)

    Untuk jenis mobil yang biasanya memiliki clearance ground sedang adalah jenis Multiple Purpose Vehicle atau MPV. Mobil jenis MPV menjadi mobil yang banyak dipakai oleh masyarakat Indonesia.

    Alasannya karena lebih bersahabat dengan kondisi jalanan di Indonesia, yang terdapat polisi tidur, jalan berlubang atau tidak rata.

    • Clearance Ground Rendah ( 170 – 180 mm)

    Mobil dengan model ceper atau dikenal juga dengan sport city, biasanya memiliki ground clearance yang rendah. Sebaiknya jika Anda tidak tinggal di daerah perkotaan dengan akses jalan yang baik, jangan memilih mobil jenis ini.

    Apabila memaksakan untuk melintas di jalanan yang tidak rata atau bergelombang. Menggunakan mobil yang memiliki clearance ground rendah harus ekstra hati-hati. Jika tidak, maka akan muncul kerusakan pada kolong mobil Anda.

    Inilah Fungsi Utama Clearance Ground pada Mobil!

    Berikut ini adalah beberapa fungsi clearance ground yang memberikan banyak manfaat pada mobil Anda, antara lain:

    • Menghindari Mesin Mobil Kemasukan Air