Berita

    Kenali Airbag , Berikut Juga Fungsi & Cara Kerjanya

    Ketika ingin melakukan pembelian mobil baik mobil baru ataupun mobil bekas,  tentunya kita harus mencari tahu informasi seputar kendaraan yang ingin Anda beli, salah satu informasinya yaitu  tentang fitur keamanan yang terdapat di dalam kendaraan tersebut, dan biasanya kita akan menemukan fitur keamanan diantaranya ada Airbag & Seat Belt. Dikarenakan penguna mobil semakin hari makin meningkat, maka tidak heran jika dijalanan sering terjadi kecelakaan. Untuk menjaga keselamatan & keamanan dalam berkendara, maka seharusnya sebagai pengendara kita harus tahu tentang airbag , fungsi & cara kerjanya berikut ini!

    Apa Itu Airbag Pada Mobil ?

    Airbag itu sendiri merupakan salah satu fitur keamanan dan keselamatan yang memiliki bentuk seperti kantong udara yang secara otomatis akan mengembang saat terjadi kecelakaan. Komponen fitur  pelindung diri ini dihadirkan sebagai upaya untuk melengkapi kebutuhan pengendara yang banyak berujung pada benturan.

    Airbag atau yang dikenal dengan Supplementary Restraint System (SRS) dapat membantu pengendara saat terjadinya kecelakaan untuk melindungi bagian leher, dada, serta kepala. Tanpa airbag sebagai penahan atau bantalan, tubuh yang hanya ditahan oleh seatbelt akan berpotensi mengakibatkan cedera yang cukup parah pada area tersebut. Fitur keselamatan yang satu ini sudah dikembangkan di beberapa mobil keluaran terbaru milik Suzuki.

    Fungsi Airbag Pada Mobil 

    Sebagai salah satu fitur keamanan dan juga keselamatan, airbag memiliki fungsi utama untuk melindungi pengendara pada saat terjadi benturan yang cukup keras pada saat perjalanan. Pada umumnya , alat pelindung diri ini letaknya di bagian depan mobil. Selain itu, airbag juga dapat melindungi bagian-bagian tubuh lain seperti kepala, leher dan dada pengendara dari risiko cedera yang berat.

    Selain memiliki fungsi untuk menjamin keamanan dan kenyamanan , juga memiliki fungsi untuk menjaga keadaan mobil tetap prima. Ketika terjadi benturan maka mobil akan mengalami kerusakan, namun dengan adanya alat pelindung diri ini kerusakan pada interior mobil sedikit terminimalisir.

    Dan salah satu fungsi nya juga  dari komponen pelindung diri ini yaitu untuk menghambat laju pengendara dan penumpang mobil dalam waktu beberapa detik. Penghambatan laju penumpang ini akibat komponen pelindung diri yang mengembang secara maksimal sesuai kapasitasnya.

    Cara Kerja Airbag Pada Mobil 

    Seorang pengendara mobil seharusnya sudah memiliki pengetahuan tentang  cara kerja dari keseluruhan sistem mobil yang dimilikinya sehingga bisa mengendarai mobil lebih maksimal. Pemahaman terhadap seluruh fitur mobil termasuk fitur keselamatan yaitu airbag yang sangat berguna saat terjadi kecelakaan sehingga pengemudi telah siap siaga.