Berita

    Aquaplaning : Pengertian, Penyebab dan Cara Mengatasinya

    Kondisi hujan lebat tentu menjadi risiko tersendiri bagi pengendara mobil. Bagaimana tidak, pada kondisi hujan yang lebat, mobil berisiko mengalami aquaplaning. Pada artikel di bawah ini akan dijelaskan mengenai pengertian dari aqua planing atau hydroplaning, serta penyebabnya.

    Selain itu, Anda juga dapat mengetahui cara bagaimana menghindari kondisi hydroplaning pada mobil Anda. Pembahasan tentang topik ini sangat penting karena berhubungan dengan safety driving. Maka dari itu, Anda dapat menyimak pembahasannya di bawah ini!

    Pengertian dan Penyebab Aquaplaning

    Definisi dari hydroplaning atau aqua planing adalah kondisi mobil kehilangan kontrol disebabkan oleh genangan air seperti hujan lebat. Genangan air yang terlalu tinggi akan membuat mobil sulit untuk melaju dan Anda dapat berpotensi kehilangan kendali atas mobil Anda.

    Namun, penyebab hydroplaning tidak hanya genangan air, tetapi juga disebabkan oleh kondisi jalan yang licin. Maka biasanya, kondisi ini akan menyebabkan kecelakaan yang cukup fatal. Anda perlu mengetahui penyebab kondisi ini agar dapat mengatasinya di kemudian hari, yaitu:

    • Genangan air terlalu tinggi
    • Jalanan licin karena setelah hujan
    • Mobil melaju kencang di jalan berair
    • Bobot mobil yang terlalu ringan
    • Kecepatan mobil yang terlalu tinggi

    Cara Mengatasi Kondisi Aqua Planing

    Sudah disebutkan bahwa penyebab utama dari kondisi hydroplaning pada kendaraan Anda adalah mobil yang menerobos genangan air dan kehilangan kendali. Untuk mengatasi dan menghindari hal ini terjadi, karena risikonya sangat membahayakan keselamatan Anda jika sampai ini terjadi. Berikut ini 5 cara mengatasi kondisi hydroplaning, yaitu:

            1. Pegang Setir dengan Lurus

    Pertama-tama, Anda wajib untuk dapat menyeimbangkan setir kendaraan Anda dengan lurus. Artinya, Anda wajib untuk memegang kendali penuh atas setir mobil Anda. Jangan sampai lengah sedikit pun, terlebih ketika Anda berkendara saat hujan deras dan jarak pandang mobil pendek.

    Memegang setir dengan lurus ketika mengendarai mobil dapat menghindari hydroplaning dan memperkecil potensi kecelakaan. Anda dapat memegang setir dengan benar sesuai prosedur, yaitu dua tangan yang lurus ke depan.

            2. Lakukan Pengereman dengan Halus

    Tips kedua adalah lakukan pengereman dengan halus dan jangan mendadak. Kesalahan ini yang sering banyak orang lakukan dan menyebabkan kecelakaan. Ketika Anda membawa mobil saat cuaca hujan deras, jangan mengerem mendadak. Lakukan pengereman halus dan bertahap saja.